Latest News

Kartu Anggota Perpustakaan

Meski sudah banyak dibangun perpustakaan digital khususnya di sekolah, yayasan, dan di lembaga pendidikan, perpustakaan offline masih tetap diperlukan apalagi bagi tempat-tempat tertentu yang belum terjangkau jaringan internet atau belum siap dengan implementasi teknologi informasi untuk keperluan tersebut.  Hal seperti ini tentu tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak mengembangkan pendidikan di daerah tersebut melalui buku, majalah, dan media cetak lainnya.

Salah satu syarat untuk menjadi anggota sebuah perpustakaan adalah registrasi/pendaftaraan dengan melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan.  Data setiap anggota perpustakaan diperlukan untuk mempermudah proses administrasi dari setiap transaksi peminjaman buku. Beberapa data umum biasanya ditampilakn pada kartu anggota perpustakaan seperti Nama Anggota, Nomor Anggota, dan Alamat Lengkap.

Kartu anggota perpustakaan berbeda dengan kartu peminjaman yang berisi judul buku dan batas waktu peminjaman. Kartu ini hanya berfungsi sebaga identitas seperti halnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bahwa yang bersangkutan adalah benar anggota/ member perpustakaan. Desain kartu pun dapat beragam karena tidak ada aturan mutlak, yang penting data-data umum anggota tercantum pada kartu.

Berbeda dengan perpustakaan digital yang tidak membutuhkan kartu anggota, pada perpustakaan offline kartu anggota dapat menjadi kunci masuk sebuah perpustakaan untuk meminjam buku.  Untuk dapat mengakses perpustakaan digital, seorang anggota harus melakukan login terlebih dahulu, dan untuk bisa login diperlukan username dan password yang diperoleh ketika pertama kakli registrasi. Username dan password pada saat login di perpustakaan digital diganti dengan kartu anggota untuk perpustakaan offline.

Karena tidak ada aturan khsusus dalam mendesain kartu anggota perpustakaan, pihak pengelola dapat membuat sendiri kartu tersebut sesuai kebutuhan, demikian juga dengan ukuran, layout, dan warna kartu pun dapat dibuat sedemikian rupa sehingga mencerminkan visi dan misi perpustakaan yang bersangkutan.

Di bawah ini adalah beberapa desain kartu anggota perpustakaan yang dapat diunduh secara gratis. Caranya, klik kanan pada gambar, Save Image As kemudian beri nama file-nya. Semua desain berikut dibuat dengan program Photoshop,  semoga dapat dijadikan contoh dan referensi .