Latest News

Jenis Kerusakan Printer Inkjet Canon

Di bawah ini adalah beberapa jenis kerusakan printer inkjet Canon yang sering terjadi baik akibat kesalahan pengguna ataupun karena faktor usia. Kerusakan yang akan di bahas di posting ini khusus untuk printer inkjet canon 1200, 1300, 1990, 1880, & 2770 dimana printer tidak dapat beroperasi dengan benar atau hasil cetak tidak sesuai dengan data yang dicetak. Kerusakan tersebut antara lain:

  1. Catridge tidak normal atau sama sekali tidak mengeluarkan tinta sehingga hasil cetak tidak muncul semua atau sama sekali tidak ada di kertas. Kerusakan ini biasanya akibat printer jarang dipakai dalam waktu yang lama yang berakibat tersumbatnya aliran tinta kaerena terdapat tinta kering yang menghalagi aliran tinta.

  2. Blinking pada printer. Kondisi ini adalah indikator bahwa batas maksimal cetak sudah tercapai sehingga printer minta ganti catridge baru atau dengan cara direset dengan resetter Canon atau dengan metode yang sesuai dengan tipenya.

  3. Kertas tidak ketarik saat cetak. Penyebabnya adalah rusaknya penarik kertas (paper roller) akibat usia pemakaian, kotor, atau dikarenakan seringnya mencetak kertas yang terlalu keras dan tebal.

  4. Tinta Banjir. Penyebab kerusakan ini biasnya karena printer terlalu sering digunakan dan tidak dipasang selang pembuangan, akibatnya busa/sponge tidak lagi bisa menampung tinta buangan. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan motherboard rusak atau terbakar (jika cairan tinta mengenai komponen di motherboard).

  5. Hasil cetak bergaris. Biasanya akibat kerusakan pada catrige printer.

  6. Terdapat celah putih pada hasil cetak. Dapat disebabkan karena ada jalur tinta yang tersumbat akibat terdapat tinta kering.

  7. Salah satu warna tidak muncul. Bisa karena tinta di catridge habis, jika menggunakan infus ada selang infus yang terjepit atau lupa membuka penutup tanki tinta eksternal.

  8. Hasil print tidak sesuai dengan data di komputer. Penyebabnya bisa karena tinta kering atau sensor kotor/rusak.

  9. Fanbealt Printer putus. Kerusakan ini bisa disebabkan karena ada selang infus yang tersangkut (terpasang tidak normal).

  10. Printer tidak menyala sama sekali. Bisa karena motherboard yang rusak atau karena tidak ada arus listrik yang terhubung ke printer akibat kerusakan kabel power.

Informasi mengenai jenis kerusakan printer inkjet Canon ini diperoleh dari salah satu tempat service printer di ITC Kebon Kalapa Bandung.