Latest News

Bagian Tumbuhan Akar dan Batang

Bagian Tumbuhan Akar dan Batang,- Pada umumnya tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Manfaat tumbuhan bagi manusia yaitu sebagai bahan makanan, sebagai bahan obat-obatan dan sebagai bahan peralatan rumah tangga.

Bagian Akar dan Fungsinya

Akar merupakan bagian penting bagi tumbuhan, akar merupakan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Secara umum akar memiliki beberapa bagian utama yaitu inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis, rambut akar atau bulu akar berbentuk serabut halus dan tudung akar terletak diujung akaryang berguna untuk melindungi ujung akar.

Bagian akar tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan yaitu epidermis. Akar tumbuhan dibagi menjadi dua jenis yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Ciri-ciri akar serabut yaitu arahnya mendatar, terdiri atas akar-akar ramping yang tumbuh dari pangkal batang dan umumnya bergerombol. Contohnya akar pada tanaman jagung, padi, tebu, rumput, bambu dan kelapa.

Ciri-Ciri akar tunggang yaitu akar tumbuh masuk ke dalam tanah, terdiri atas akar utama dan beberapa cabang akar. Contohnya kedelai, mangga, jeruk, melinjo, durian, anggur dan kacang.

Fungsi akar yaitu mengisap air dan zat makanan atau zat hara dari dalam tanah, menunjang berdirinya tumbuhan, tempat menyimpan cadangan makanan dan sebagai alat pernapasan.

Bagian Batang dan Fungsinya

Batang tumbuh diatas tanah arah tumbuh batang tumbuhan menuju sinar matahari, pada umumnya tumbuhan mempunyai cabang tapi ada beberapa tumbuhan yang tidak memiliki cabang seperti pohon pisang, pohon kelapa dan pohon pepaya.

Fungsi batang pada tumbuhan yaitu sebagai tempat cadangan makanan, mengalirkan air dan mineral dari akar ke daun, mengalirkan zat makanan dari daun ke akar, sebagai alat perkembangbiakan dan untuk menjaga agar tumbuhan tetap tegak dan menjadikan daun sedekat mungkin dengan sumber cahaya.

Berdasarkan kekerasannya batang dibagi menjadi tiga yaitu batang berkayu atau berkambium sifatnya keras dan dapat membesar contoh jati, mangga. Batang tidak berkayu atau tidak berkambium dan batang basah sifatnya lunak dan berongga.

Berdasarkan bentuknya batang dibedakan menjadi dua yaitu batang berbentuk bulat contohnya kelapa, bambu, tebu. Batang berbentuk persegi contoh kentang dan waluh.

dari berbagai sumber