Latest News

Memesan Domain Hosting dan Install Website Toko Online

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Persiapan Membuat Website Toko Online Bagi Pemula sekarang kita lanjutkan ke ke tahap selanjutnya yaitu Memesan Domain Hosting dan Install Website Toko Online

Setelah kita mengetahui jenis produk yang akan dijual, sudah menentukan nama toko online, sudah membeli tempat atau web hosting untuk menyimpan toko online kemudian kita konfigurasi yang di dalamnya terdapat tahapan daftar Domain dan Web Hosting serta install platform toko online di web hosting.

Pada Bagian Memesan Domain Hosting dan Install Website Toko Online ini akan kita fokuskan ke tahapan Cara Memesan Nama Domain, Web Hosting dan installasi toko online itu sendiri.
  • Pesan Nama Domain, untuk memesan nama domain saat ini sangatlah mudah Anda tinggal memesan nama domain di penyedia registrasi nama domain melalui internet contoh di idnetwebhost.com kisaran harga nama domain yang umum digunakan antara Rp. 74.000 sampai dengan Rp. 150.000 tergantung extension yang digunakan misal .com .net .info .biz .org kita bebas ingin pilih penyedia domain indonesia atau luar namun disarankan pilih penyedia indonesia supaya mudah ditangani jika ada sesuatu hal dikemudian hari.
  • Setelah memesan Nama Domain selanjutnya adalah memesan Web Hosting biasanya antara memesan nama domain dan web Hosting di satu tempat/penyedia domain dan hosting ini lebih baik daripada dipisah supaya mudah dalam mengontrol domain dan hosting yang ingin kita pesan, tempat memesan Web Hosting sama dengna memesan nama domain bisa ke penyedia luar atau dalam negri semisal di idnetwebhost.com hargapun sama sangat bervariasi tergantung space dan bandwith yang diperlukan dan fasilitas lain web hosting tersebut.
  • Selanjutnya setelah Domain dan Hosting Anda aktif saatnya kita melakukan tahap installasi toko online, tahap installasi toko online dibagi dalam dua cara, cara pertma menggunakan auto installer dan yang kedua di upload manual, khusus yang akan kita bahas sekarang adalah cara install toko online platform OpenCart menggunakan cara otomatis melalui auto installer di cpanel yang biasa nya sebagian besar penyedia web hosting sudah memiliki fasilitas tersebut, auto installer bisa dengan softaculous atau dengan fantastico yang sudah include di cpanel hosting, tahapan install nya adalah sebagai berikut :
Setelah Anda memiliki user dan password cpanel hosting yang diberikan dari penyedia hosting kemudian Login ke cpanel contoh link login ke cpanel misalnya http://namadomainanda.com/cpanel

1. Login ke cpanel

2. Pada bagian Software/Services klik Softaculous

3. Pada bagian E-Commerce pilih OpenCart

4. Klik Menu install berwarna biru

5 dibagian => Software Setup :

Choose Protocol : Pilih http:// umumnya http:// kecuali jika menggunakan SSL maka pilih https://

* Choose Domain : dibiarkan kecuali anda memiliki beberpa domain dalam satu cpanel atu sub domain

* In Directory : Kosongkan jika ingin langsung ketika akses domain muncul toko online, jika ingin dalam direktori tertentu tuliskan nama direktorinya.

Database Name : Buat nama database ( bebas )

=> Store Settings :

* Store Name : Tuliskan nama toko online

Store Description  : Tuliskan deskripsi toko online secara singkat

Store Owner : Nama Pemilik toko

Store Address : Alamt Toko online

=> Database Settings

* Table Prefix : dibiarkan

=> Admin Account

* Admin Username : Tentukan username ( bebas )

* Admin Password : Tentukan password ( bebas, disarankan gabungan huruf, angka dan simbol )

* Admin Email : Isikan email anda

* First Name : Isikan nama depan

* Isikan Nama Akhir : Last Name

* Pada bagian Advanced Options jika di ceklist maka tidak akan menerima pemberitahuan update

* Dibawah button install isikan alamat email

* Silahkan periksa kembali semua isian yang sudah anda lakukan, apabila semua sudah diisi dengan benar maka klik button INSTALL

Setelah klik install maka akan muncul halaman baru yang berisi dua alamat URL yang pertama adalah link URL halaman depan toko online Anda misal http://namadomainanda.com dan link URL kedua adalah alamat administrator web untuk mengkonfigurasi atau menentukan segala hal seperti harga, materi halaman, gambar-gambar dan setting lainnya.

Nah sampai disini Anda sudah memiliki website toko online yang masih default dalam artian belum ada custom apapun, template sendiri merupakan template bawaan dimana tata letak menu dan tulisan-tulisan masih bawaan dari OpenCart.

Pada artikel selanjutnya akan dibahas secara detail bagamana cara mengelola/konfigurasi toko online secara detail dimulai dari setting mata uang, halaman depan, tata letak menu, katalog produk, cara isi gambar dll

Semoga bermanfaat.